Ujian online perkuliahan kampus berbasis computer based test (CBT) ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL serta menggunakan framework CI (Codeigniter). CI merupakan kerangka kerja pada bahasa pemrograman PHP yang menggunakan konsep MVC (Model, Views dan Controller). CBT merupakan tes dengan menggunakan komputer sebagai media dalam melaksanakan tes baik itu ujian, tes, maupun psikotes. Penyajian soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan urutan soal yang berbeda-beda. Ujian online CBT kampus ini menggunakan beberapa library diantaranya iCheck, chart, sweetalert, datatables dan lain sebagainya.

Ujian online CBT kampus berbasis web ini dikembangkan oleh Muhammad Ghifari Arfananda, untuk hak aksesnya terdiri dari tiga level akses, yaitu administrator, dosen dan mahasiswa setiap level akses memiliki hak yang berbeda-beda. Fitur dan fasilitas yang tersedia meliputi mengelola pengguna, hasil ujian, soal ujian, waktu ujian, token ujian, relasi antar dosen dengan kelas, jurusan dan mata kuliah. Setiap peserta yang selesai mengerjakan soal ujian dapat langsung melihat hasil ujian serta soal ujian dapat diurutkan ataupun juga diacak.

Berikut tampilan antarmuka dari ujian online CBT Kampus :

Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder ujian-online-cbt ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama cbt kemudian import file cbt.sql yang berada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'cbt',
'dbdriver' => 'mysqli',